Kebaya Pengantin Adat Jawa

0
11.08

Kebaya Pengantin Adat Jawa kepulauan Jawa memiliki adat istiadat yang beragam, begitu pula dalam hal adat baju pengantin. Di pulau Jawa sendiripun juga memiliki 3 bagian yaitu bagian timur, tengah, dan barat. Dari ketiga pembagian daerah tersebut pun juga memiliki model busana pengantin yang berbeda-beda dan hingga kini modelnya tetap sama.

Corak , model, dan motif dari kebaya memang erat dengan kaitannya sentuhan tradisonal. Namun demikian dengan munculnya para desainer baru dengan inovasi – inovasi terbarunya mampu mendesain kebaya modern sehingga menjadikan kebaya yang menjadi peninggalan nenek moyang ini dapat digunakan sampai saat ini tanpa mengurangi unsur – unsur yang menjadi ciri khas negara Indonesia.

Untuk model baju kebaya pengantin adat jawa barat, untuk pengantin laki-laki menggunakan ikat pinggang, sarungnya dari kain batik, tutup kepala (bendo), dan keris. Sedangkan model baju pengantinnya mengenakan kebaya yang dikombinasi dengan model bawahan dari kain batik yang sama dengan pasangannya, dan aksesoris yang digunakan adalah berupa tusuk konde yang terkenal dengan sebutan kembang goyang.




Untuk model baju kebaya pengantin adat jawa tengah, model baju pengantin jawa tengah ini memiliki filosofis yang dalam. Pada baju pengantin pria diberikan aksesoris berupa keris yang diselipkan dalam bajunya dan dihiasi dengan roncean bunga melati. Sedangkan pada mempelai wanita mengenakan kebaya dan sanggul tradisional yang diberikan tusuk konde sebanyak 9 biji, serta menggunakan bawahan dari kain batik yang sama dengan mempelai pria.

Untuk model baju kebaya pengantin adat jawa timur, sebenarnya baju adat ini masih memiliki bentuk yang mirip dengan baju kebaya model adat jawa tengah, namun yang membedakan adalah desainnya lebih simpel. Baju kebaya yang digunakan oleh mempelai wanita didesain dengan paduan warna yang menunjukkan kepribadian yang tegas bagi orang yang mengenakannya. Hal ini Nampak pada warna kebaya pengantin tradisional yaitu warna merah menyala di padukan dengan warna hitam.


Demikian berbagai ulasan yang bisa kami sampaikan terkait Kebaya Pengantin Adat Jawa. Semoga bermanfaat.

MainanFiberglass.Com

Pabrik fiberglass Murah di Solo - Waterboom, Sepeda Air, Kereta mini, Patung Maskot, Tangki, Waterpark, Playground, dll

0 comments: