Memilih Mobil Bekas Bagi Wanita Agar Tidak Menyesal

Memilih kendaraan bekas dengan kriteria yang "sehat" bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan oleh wanita. Tetapi, ada beberapa panduan atau tips ringan yang dapat dilakukan supaya tidak menyesal setelah transaksi.

Kaum hawa dapat dengan mudah memilih kendaraan bekas secara langsung melalui pengamatan interior dan eksterior. Sedangkan untuk bagian mesin dan kaki-kaki dapat membawa teman yang memang ahlinya.

Jika ingin membeli mobil bekas, sebaiknya melakukan pengamatan langsung di lapangan mengenai hal ketersediaan komponen atau aksesori yang tersedia. Termasuk aksesori copotan supaya mendapatkan harga lebih terjangkau sehingga gampang diperbaiki terutama untuk kendaraan berstatus lawas.

Saat mengamati ruang kabin, jangan tertipu dengan penampilan kondisi kabin yang rapi dan bersih karena biasanya pemilik sebelumnya sering menutupi kekurangan dengan kondisi yang apik. Periksa semua kelengkapan fitur yang menjadi standar kendaraan. Mulai dari seatbelt, ragam tombol indikator, AC, hingga in car entertainment. Jika semakin lengkap kondisi di dalam kabin, maka nilai uang yang akan Anda keluarkan untuk menambah perlengkapan mobil juga semakin sedikit.

Di samping itu, jangan lupa untuk memerhatikan jok yang sudah dilapisi dengan material kulit atau imitasi. Pastikan bahwa pembungkus ulang tersebut bukan karena untuk menutupi kekurangan. Hal lainnya adalah pastikan juga bahwa di balik jok tidak ada tanda-tanda bekas terendam air.

Bagian yang paling gampang diamati kaum hawa adalah dengan melihat titik-titik korosi yang biasanya terdapat pada bagian bawah bodi kendaraan. Jangan lupa untuk sekadar melihat bagian bodi sekeliling kaca. Karet kaca yang tidak dapat mengapit dengan bodi cenderung menyisakan ruang menyimpan air. Bila sudah parah, maka bodi tampak karat hingga bolong.

Berikutnya adalah pastikan bodi belum pernah mengalami tabrakan. Pastikan pintu menutup rapat dengan gerakan yang halus. Jika pintu pada bagasi dan kap mesin tidak menutup rata, maka hal ini kemungkinan pernah diperbaiki sebelumnya.

Memeriksa kondisi mesin secara detail dapat menjadi hal yang menyulitkan bagi wanita. Oleh karena itu, banyak perempuan yang mengandalkan rekan atau mekanik untuk mengecek kondisi mesin.

Tetapi, bagi yang berani melakukannya sendiri, sebenarnya ada cara yang sederhana yaitu dengan mendengar suara mesin. Bila terdengar suara ketukan yang berirama setelah putaran mesin dinaikkan, maka kemungkinan kondisi mesin sudah harus ada yang dioprak-oprek.

Cara yang paling mudah untuk dilakukan wanita adalah dengan melakukan uji coba. Pastikan saat mobil dikemudikan, akselerasi tidak terasa ajrut-ajrutan. Di samping itu, ketika melepas pedal gas, seharusnya mesin bisa kembali stasioner dengan baik.

Sebelum berangkat melihat kondisi mobil bekas yang diincar, pekerjaan yang mudah dilakukan kaum wanita adalah menakar biaya servis kendaraan bersangkutan. Para wanita juga dapat mengetahui harga tiap komponen dengan cara melihat daftar harga yang biasa tertera di dinding bengkel atau melihat di sentral komponen. Dengan cara tersebut, kaum wanita dapat memprediksi beban biaya kendaraan yang akan diincar.

Di samping itu, peminat mobil bekas dapat melakukan pencarian "penyakit" mobkas yang diincar melalui media online atau jejaring sosial. Hal ini dilakukan untuk lebih mengetahui beban biaya yang akan dikeluarkan di kemudian hari.

Selain hal-hal tersebut di atas, para wanita juga harus memerhatikan hal-hal berikut ini.

  • Sesuaikan anggaran yang ada, termasuk dalam hal menggunakan jasa kredit yang biasanya dikenakan ⅓ gaji pokok oleh para penyedia jasa kredit.
  • Jangan abaikan pemilihan warna dan "masa depan" kendaraan karena berhubungan dengan resale value.
  • Gunakan rasional dan jangan memilih kendaraan karena emosi sesaat.
  • Jangan sekadar ikut-ikutan memilih mobil bekas bertransmisi otomatis, padahal Anda belum menguasainya.
  • Jangan abaikan kemampuan Anda dalam hal pengeluaran biaya untuk bahan bakar.
  • Kenali fitur kenyamanan, keselamatan, dan keamanan.
  • Perhatikan dokumen-dokumen keabsahan mobil.

MainanFiberglass.Com

Pabrik fiberglass Murah di Solo - Waterboom, Sepeda Air, Kereta mini, Patung Maskot, Tangki, Waterpark, Playground, dll