Wisata Minggu Ini : Sate Populer Kota Yogya

0
15.33

Setelah sebelumnya sudah pernah kita bahas tentang 40 Makanan Khas Kota Solo , sekarang akan kami sajikan tempat makan sate yang terkenal di saudaranya kota Solo yaitu kota Yogyakarta. Jogja juga punya beberapa penjual sate yang dibanggakan warga kotanya. Kebanyakan, sate yang populer di Jogja adalah sate kambing. Para penjual sate kambing di Jogja biasanya juga menyediakan gule dan tongseng.

Orang Jogja suka “memburu” sate klathak sampai ke Imogiri, sekitar satu jam perjalanan ke arah Selatan. Sate klathak merupakan istilah yang mengacu pada kepolosan bumbunya. Daging kambingnya hanya dibumbui dengan garam, lalu dibakar pada jeruji sepeda yang terbuat dari baja. Disajikan tanpa sambal kecap ataupun sambal kacang. Nasi putih yang disajikan bersama sate klathak ini disiram dengan kuah gule.

Sate Pak Dakir > Jl. HOS Cokroaminoto, 618066, 618201: Selain sate kambingnya, juga terkenal dengan nasi goreng kambingnya. Di situ bahkan ada menu khusus yang dinamai Nasi Goreng Butet Kartaredjasa alias Nasi Goreng Pliket (lengket), karena menggunakan sumsum kambing dan kikil yang terlebih dulu direbus empuk.

Sate Tambaksegaran Solo
> Jl. : Cabang dari rumah makan bernama sama di Solo. Terkenal dengan sate buntel yang mak nyuss!

Sate Jaran Gondolayu > Jl. Jenderal Sudirman 25, 518639: Sate dari daging kuda. Penjualnya apik. Semua daging baru dikeluarkan dari dalam lemari es (untuk memertahankan mutunya) sebelum dibakar untuk tamu. Seratnya kasar, tetapi dagingnya cukup empuk.

Sate Klathak Mas Jono > di dalam Pasar Jejeran, Wonokromo, Imogiri
0816 4268846, 19.00 – 24.00: Di dalam pasar ini juga terdapat tiga pedagang sate klathak lainnya.

Sate Karang > Lapangan Karang, Kotagede, 7807371, 0817 5421901, 17.00 – 23.00: Direkomendasikan oleh A. Prasetiantono. Sate sapi manis dengan tiga jenis saus, sebagai lauk untuk lontong lodeh yang lezat.

Gule Gulon > Jl. Raya Gulon 90, Salam, 0293 586412: Sekalipun agak di luar kota, gule gurih di warung ini merupakan favorit orang Jogja. Coba juga sate gorengnya yang khas.

Sate Pak Nano > Menayu Kulon 90, Tirtonirmolo, Ringroad Selatan Madukismo, 0816 4265573: Penjualnya lucu, tongsengnya dahsyat. Menyediakan tongseng super hot alias tongseng neraka dengan 20 cabe rawit ke atas!

Bila Anda punya tempat makan di kota Yogya lainnya yang tak kalah menarik silahkan menambahkannya pada komentar dibawah…. Pokoke Mak Nyussss…. Minjem ya pak Bondan…. ;-)

sumber: detik food

MainanFiberglass.Com

Pabrik fiberglass Murah di Solo - Waterboom, Sepeda Air, Kereta mini, Patung Maskot, Tangki, Waterpark, Playground, dll

0 comments: