Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit


Kartu kredit memang memudahkan segala aktivitas kita dalam melakukan transaksi pembayaran. Namun, bila Anda tidak menggunakannya secara tepat dan bijaksana, kartu sakti ini justru dapat menjerat Anda ke dalam masalah besar.

Susan McCarthy, seorang penasehat keuangan Oklahoma City dan pengarang dari The Value of Money, memberikan 4 hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan dengan kartu kredit, yaitu :

1. Jangan hanya membayar minimum payment. Fasilitas ini hanya akan memperlama hutang Anda, sehingga bunga semakin besar dan meningkatkan jumlah hutang Anda secara keseluruhan.

2. Jangan membawa terlalu banyak kartu kredit. Banyaknya kartu kredit yang bisa digunakan membuat Anda semakin mudah terjerat hutang, karena akan sulit melacak pembelanjaan Anda. Memiliki banyak kartu kredit memang tidak buruk; namun jika menyalahgunakannya maka akan menimbulkan masalah besar buat Anda. Jadi, batasi dengan hanya membawa dua kartu kredit yang bisa diatur pengunaanya dengan sangat hati-hati.

3. Jangan melupakan tanggal jatuh tempo pembayaran. Tidak hanya Anda akan dikenakan denda atas biaya keterlambatan, tetapi juga terkena bunga yang terus melonjak naik. Daftarkan diri Anda menjadi anggota online banking atau pay over the phone jika Anda menghadapi tenggat waktu atau terlalu sibuk dengan pekerjaan kantor. Anda mungkin akan dikenakan biaya atas transaksi ini, tapi setidaknya biaya tersebut lebih sedikit dibandingkan bila Anda harus membayar denda atau bunga.

4. Jangan terlalu sering mengambil cash advance (dana tunai). Biasanya pengambilan dana tunai ini diikuti dengan service fee (biaya jasa) dan interest rate yang lebih tinggi daripada bunga purchase atau pembelanjaan. Transaksi ini terlalu mahal untuk sekedar mendapatkan uang tunai, karena itu sebaiknya hindari cara ini.


MainanFiberglass.Com

Pabrik fiberglass Murah di Solo - Waterboom, Sepeda Air, Kereta mini, Patung Maskot, Tangki, Waterpark, Playground, dll