Tips Wanita Jalani Haid Lebih Nyaman

0
10.34



Periode datang bulan merupakan salah satu masa yang sering membuat kaum perempuan senewen. Selain suasana hati yang naik turun bak roller coaster, nyeri haid yang menyerang juga mampu memicu sikap uring-uringan.

Untungnya, ada sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk sedikit meringankan periode datang bulan. Simak sejumlah tips seperti dikutip dari situs webmd.com berikut ini:
Olah raga
Latihan ringan seperti peregangan, yoga, berjalan, atau berenang membantu meningkatkan aliran darah, yang mengurangi gejala kram. Duduk bisa membuat Anda merasa lebih buruk. Jadi, bangkit dan gerakkan tubuh.

Bantal pemanas
Menempelkan bantal pemanas ke atas perut bisa meredakan kram dan membuat perasaan lebih tenang. Temukan bantal pemanas portabel yang dapat dibawa-bawa saat Anda harus bepergian.

Minum air
Kembung saat haid bisa membuat Anda merasa seperti balon. Jauhi makanan asin dan sebaliknya banyak minum air putih, terutama beberapa hari sebelum datang bulan, untuk mengurangi kembung.
Hindari stres
Stres kadang bisa menyebabkan siklus haid tidak teratur. Lakukan kegiatan menyenangkan untuk mengusir stres, misalnya manikur dan pedikur, berjalan-jalan bersama teman-teman, atau sekadar mendengarkan musik. Jika siklus haid tetap tidak teratur, temui ginekolog untuk mendiskusikan masalah ini lebih lanjut.
Kurangi kafein
Selama haid, hormon di tubuh memuncak. Oleh karena itu, batasi asupan kafein untuk membantu mengurangi perasaan gampang tersinggung, nyeri payudara, dan kram.

Yang perlu diingat, kafein bukan hanya terkandung dalam kopi dan teh, melainkan juga di dalam minuman cola, soda, dan cokelat. Sebaiknya, ganti minuman Anda dengan minuman jahe, teh herbal, atau air putih.

Tidur cukup
Sebagian perempuan kesulitan tidur beberapa minggu sebelum datang bulan. Sebab, kadar progesteron di tubuh rendah pada periode tersebut. Untuk memastikan Anda mendapat cukup tidur, tetapkan jadwal untuk naik ke atas kasur dan patuhi jam itu.

Berolah raga teratur, menghindari tidur siang dan kafein, serta makan ringan di malam hari juga mampu membantu Anda tidur pulas.
Bikin catatan
Catat periode datang bulan Anda setiap bulan, mulai dari tanggal dimulai, berapa lama, betapa banyak setiap hari, serta efek samping yang Anda alami sebelum, selama, dan setelah haid. Setelah beberapa bulan, Anda akan melihat pola tertentu dan bisa membuat persiapan untuk mengantisipasinya.
Makan sehat
Coba mengganti makanan yang biasa Anda santap dengan karbohidrat kompleks, untuk melawan nafsu mengudap. Pilih biji-bijian dan makanan kaya kalsium, serta kurangi porsi makan menjadi lebih sedikit namun sering.

(LI/OL-06)

MainanFiberglass.Com

Pabrik fiberglass Murah di Solo - Waterboom, Sepeda Air, Kereta mini, Patung Maskot, Tangki, Waterpark, Playground, dll

0 comments: