Usia Matang Masih Bisa Tetap Gaya

0
09.57



KOMPAS.com — Dunia anak muda selalu ditonjolkan dalam berbagai sorotan media atau industri hiburan. Akibatnya, sejumlah perempuan di atas usia 40 menjadi merasa tak lagi seksi dan akhirnya merasa ditinggalkan.

Meski begitu, ada juga sejumlah perempuan yang terlihat jauh lebih muda dari usia mereka. Sebut saja sederet artis yang masih terlihat gaya dan seksi, seperti Elizabeth Hurley, Kylie Minogue, Sandra Bullock, atau Elle McPherson. Jika di Indonesia, sosok seperti Widyawati atau Christy Subono menjadi referensi perempuan yang tampil gaya dan anggun di usia yang tak lagi muda.

Apabila Anda berharap kelak masih dapat tampil segar dan menarik di usia 40-an, ada baiknya Anda mulai menjaga kesehatan dan merawat diri sejak sekarang. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

Olahraga dan menjaga bentuk tubuh
Untuk menjaga tubuh tetap bugar, Anda tak harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk berolahraga. Lakukan saja peregangan sekitar 20 menit. Angkat beban dengan level ringan, olahraga ringan seperti sit up, atau gerakan lain yang bisa dilakukan di lantai rumah Anda. Lakukan aktivitas sehat ini tiga kali seminggu. Dan, jangan melakukannya sebagai obsesi untuk terlihat lebih muda, tetapi sebagai kebutuhan dan gaya hidup.

Menjaga kesehatan kulit secara alami dan realistis
Memiliki usia matang bukan berarti menjadi tua dan tak lagi punya daya tarik. Untuk menjaga daya tarik, menjaga kesehatan kulit menjadi penting. Aktris senior Joan Collins mengatakan, kosmetik bukan semata-mata solusi bagi kaum hawa untuk tampil menarik di usia matang. Collins menegaskan, kecanduan pada produk kecantikan, seperti antiaging cream, tak lantas menjawab persoalan. Menurut dia, kecenderungan iklan produk ini justru ”menipu” karena tentu saja foto wanita cantik penuh dengan re-touch. Mana mungkin wanita berumur bisa mengubah kulitnya dalam sekian menit untuk tampil seperti usia 20-an?

Kebiasaan merawat kulit dan tubuh sejak dini lebih menjawab bagaimana membuat kulit tetap sehat dan cantik pada usia matang. Inilah yang dilakukan mantan bintang serial Dynasty ini. Ia menggunakan produk yang sederhana, seperti krim dingin, baby oil, lotion, air mawar, dan beberapa produk perawatan kulit yang dijual di toko farmasi dengan harga yang tak terlampau mahal.

Memiliki ”mindset” bahwa panjang usia adalah keberuntungan
Saat ini, menurut Collins, perempuan pada usia 50 tahun ke atas masih bisa terlihat seperti usia 35 tahun. Kekuatan berpikir dan menghargai diri saat usia biologis tak lagi muda menjadi kunci tetap sehat dan menarik. Dengan terus mengoptimalisasi fungsi otak, dengan berbagai aktivitas tentunya, tubuh dan pikiran dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Ketajaman berpikir pun juga dimiliki para perempuan berumur.

Tak sekadar menutupi kerutan dengan ”make up”
Jika ingin mencontoh cara Collins merawat wajahnya, gunakan pelembab dan alas bedak secara rutin. Fungsinya melindungi kulit lebih efektif daripada krim wajah lain. Gunakan topi atau pelindung lain agar wajah tak langsung terkena sinar matahari. Bagaimanapun, radiasi ultraviolet memberikan efek berbahaya terhadap wajah. Rajin dan rutin menggunakan pelembab dan alas bedak bisa menjadi cara jitu merawat kulit tetap cantik dan sehat.

Hanya konsumsi makanan sehat
Membiasakan diri untuk menghindari makanan manis dan menggantinya dengan sayuran menjadi kunci kesehatan paling jitu. Tak hanya untuk tubuh, tetapi juga untuk kulit dan kecantikan. Gaya hidup menjadi faktor lain yang memengaruhi penuaan. Merokok salah satunya. Jadi, mulailah berhenti merokok sebelum terlambat.

Faktor alam, seperti polusi, AC, panas matahari, dan berbagai zat kimia yang masuk melalui makanan dan minuman, juga memengaruhi penuaan. Hindari makanan cepat saji dan mulai konsumsi minyak ikan. Pola hidup yang lebih sehat bisa menjadi pencegahan yang lebih tepat dan murah daripada membeli produk kecantikan, seperti antikerut atau antiselulit yang bisa menguras dompet, kata Collins.

Belum terlambat untuk meniru cara Joan Collins. Bukankah pencegahan menjadi investasi kecantikan yang jauh lebih efektif?

C1-10
Editor: din
Sumber: dailymail.co.uk

MainanFiberglass.Com

Pabrik fiberglass Murah di Solo - Waterboom, Sepeda Air, Kereta mini, Patung Maskot, Tangki, Waterpark, Playground, dll

0 comments: