Perawatan Spa di Rumah

0
10.10
From Wanita-gaya

UNTUK menikmati perawatan spa, Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, masalah waktu dan kemacetan di jalan juga sering kali menjadi alasan untuk malas pergi ke tempat spa. Jadi, kenapa Anda tidak sekali-sekali melakukan perawatan spa sendiri di rumah atau home spa? Selain biaya jauh lebih murah, Anda pun bisa menentukan waktu sendiri tanpa mengganggu aktivitas lain.

Berikut ini beberapa perawatan spa yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, seperti dijelaskan Louise Jumarani Dipl CIDESCO dalam bukunya ”Spa Indonesia Gaya Jawa dan Bali”.

Scrubbing

Sebelum proses scrub atau lulur dilakukan, pastikan Anda sudah mandi. Fungsi luluran untuk mengangkat kulit mati dilakukan dengan menggunakan losion khusus scrub atau ramuan tradisional yang mengandung butiran halus seperti lulur. Dapat dioleskan ke wajah atau seluruh tubuh di saat Anda sedang mandi. Khusus untuk tubuh, konsentrasikan pada bagian tubuh yang memiliki permukaan kulit yang lebih tebal dibanding bagian lainnya, seperti siku, lutut, dan tumit. Perawatan scrub juga mampu mengeluarkan racun dan efektif melancarkan sirkulasi darah. Anda bisa membuat ramuan luluran sendiri di rumah.

Aromaterapi

Aromaterapi dipercaya dapat menstimulasi cara kerja otak agar lebih rileks ketika Anda menghirup aromanya. Apalagi jika dibarengi dengan tubuh yang dipijat atau berendam sambil menggunakan aromaterapi. Hal ini dikarenakan aromaterapi terbuat dari ekstrak bunga atau tumbuh-tumbuhan yang dapat memberikan ketenangan untuk jiwa raga, dan pikiran.

Pijat

Inilah salah satu perawatan yang paling menyenangkan dalam perawatan spa. Pemijatan menimbulkan perasaan nyaman dan santai pada tubuh, sekaligus pikiran. Anda bisa memanggil terapis pijat ke rumah. Tapi jika Anda melakukan pijat sendiri di rumah, pijat saja titik-titik pegal pada tubuh dengan menggunakan jari atau alat pijat.

Facial wajah dan masker

Pertama-tama wajah dibersihkan kemudian lakukan peeling agar sel-sel kulit mati di wajah dapat terangkat. Setelah itu lanjutkan dengan penguapan yang bertujuan membuka pori-pori. Untuk penguapan, Anda dapat menggunakan handuk hangat untuk mengompres wajah. Setelah wajah dibersihkan, pijatlah wajah dengan menggunakan massage cream atau minyak zaitun untuk melancarkan peredaran darah di wajah. Setelah itu berikan masker yang hanya berfungsi mengencangkan kulit saja, tapi juga memberikan nutrisi lebih pada kulit wajah. Pilih masker yang cocok untuk jenis kulit Anda. Jenis masker yang dijual di pasaran sangat beragam, ada yang berbentuk cairan bening, berwarna, bubuk, atau lembaran kertas. Jika ingin bereksperimen, Anda pun bia membuat masker alami sendiri dan sayuran seperti bengkoang, wortel, atau putih telur. Tapi jika Anda ingin yang serbapraktis dan efisien, pilih masker instan yang bisa langsung dioleskan pada wajah. Diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas wajah dan berikan pelembap/serum wajah.

Masker rambut

Tak hanya wajah, rambut juga perlu perhatian khusus. Anda bisa melakukan spa rambut sendiri di rumah. Tak ada salahnya jika melakukan ceambath sendiri dengan krim rambut yang dicampur dengan minyak esensial. Lakukan di saat Anda mandi berendam dengan air hangat, sehingga uap hangatnya membantu krim untuk meresap ke dalam kulit kepala. Jika Anda ingin rambut berkilau dan tebal, gunakan masker lidah buaya dan telur. Campur 1 butir telur dengan 1 buah daging lidah buaya. Blender dan oleskan pada rambut sambil dipijat. Diamkan selama 30 menit. Bilas rambut dengan sampo menggunakan air dingin kemudian air hangat.

Mandi berendam

Ritual yang satu ini memang penting. Tanpa mandi, maka tubuh tidak segar. Rendamlah diri Anda di bath tub berisi air hangat yang dicampur dengan garam mandi atau rempah-rempah. Bisa juga dicampur dengan susu full cream dan beri beberapa tetesan minyak esensial. Rasakan sensasinya menjadi puteri keraton di rumah sendiri.

Relaksasi

Ini adalah salah satu inti dari perawatan spa. Relaksasi ini tidak hanya untuk tubuh saja, tetapi juga untuk pikiran. Cobalah untuk mendengarkan musik yang tenang disertai dengan aromaterapi ketika melakukan terapi mandi, maupun ketika menunggu masker wajah kering. Barengi pula dengan relaksasi pernapasan. Caranya, Anda bisa berlatih olah napas atau yoga dengan panduan video di rumah. Nah, dengan perawatan menyeluruh seperti ini diharapkan penampilan Anda makin prima.

Meditasi

Meditasi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, yang penting tubuh dan pikiran Anda harus dalam keadaan rileks. Namun akan lebih baik jika meditasi dilakukan di tempat yang bebas gangguan di dalam atau di halaman belakang rumah, sambil diiringi suara musik yang lembut atau gemericik air yang mengalir. Jika dilakukan di dalam ruangan (misalnya kamar tidur), redupkan lampu sehingga remang-remang dan bunyikan musik atau lagu khusus untuk meditasi (jika dikehendaki).
(tty)


Sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2009/12/21/195/286775/perawatan-spa-di-rumah

MainanFiberglass.Com

Pabrik fiberglass Murah di Solo - Waterboom, Sepeda Air, Kereta mini, Patung Maskot, Tangki, Waterpark, Playground, dll

0 comments: