Mata Lelah Selama Mudik, Atasi dengan Eye Massage

From Wanita-gaya

TAK hanya kaki, leher, pinggang, dan punggung yang nyeri dan pegal yang dapat membuat Anda tak leluasa menikmati perjalanan mudik, tetapi juga mata yang lelah. Malah, untuk Anda yang mudik dengan kendaraan pribadi atau yang menjadi sopir angkutan umum, kendala yang terakhir ini sangat "mengganggu".

Kelelahan mata sangat mengganggu perjalanan mudik Anda karena keselamatan Anda sangat tergantung pada mata Anda. Tergantung pada kesegaran dan ketajaman mata Anda. Apa yang harus Anda lakukan ketika mata Anda (mulai) lelah?

Anda bisa berhenti dan beristirahat selama beberapa menit sambil meneguk segelas kopi atau minuman segar. Anda bisa memejamkan mata di tempat yang tenang dan nyaman selama beberapa menit. Atau Anda bisa membasahi/mencuci muka/wajah dengan air dingin. Atau Anda bisa melakukan beberapa gerakan ringan untuk meregangkan otot.

Cara lain yang juga bisa Anda coba adalah melakukan eye massage relaksasi. Apakah eye massage relaksasi itu?

"Pijatan pada mata dengan metode akupresur adalah untuk relaksasi. Jelas ini membuat rasa nyaman. Dan manfaat yang tak kalah penting, dapat membantu memperlancar sirkulasi darah pada area tersebut," jelas dr.Yunita Hendy dari Majesty Beauty Skin Centre, Radio Dalam, Jakarta Selatan, dan Dewi Griya Kecantikan, Bekasi, Jawa Barat.

Cara melakukan eye massage relaksasi ini mudah saja. Juga bisa dilakukan kapan dan di mana saja, baik selama perjalanan mudik, maupun setelah tibia di tempat tujuan. Pertama, jika Anda berada di dalam kendaraan, usahakan agar posisi Anda memudahkan orang - pasangan, anak, kerabat, teman - memijat Anda dari belakang. Oleskan baby oil atau lotion terlebih dahulu. Jika tidak ada, langsung saja menekan titik-titik akupresur.

Mulailah dengan menekan pangkal hidung selama sekitar 10-20 detik. Setelah itu, tekan alis mata dan tahan selama 10 detik. Selanjutnya telunjuk memutar melingkari mata hingga sudut mata. Tahan sambil tekan. Kemudian tekan bagian bawah mata dan ulangi hingga 3 kali. Lalu kembali ke pangkal hidung dengan gerakan menjepit-jepit alis dengan 2 jari. Lakukan dengan perlahan dan lembut.

"Sebaiknya, bagi pemudik, jika sudah mulai penat, siapkan waktu 20-30 menit untuk istirahat sejenak karena kondisi tersebut dapat mengganggu konsentrasi dalam mengemudi, sehingga bisa sangat berbahaya," imbuh dr Yunita.

Setelah itu, pijat mulai dari ujung hidung dekat cuping hidung dengan satu jari telunjuk atau pun jari tengah dengan gerakan memutar kecil ke atas sehingga bertemu dengan dua jari di pangkal hidung. Ulangi gerakan ini sebanyak 2-3 kali. Lalu lanjutkan gerakan ke dahi dengan gerakan pijat seperti menarik (kerambut). Lakukan dengan lembut dan perlahan.

Gerakan selanjutnya adalah menekan dan memijat dari dahi ke samping mata. Ulangi gerakan ini sebanyak 2 kali sambil menekan dan memijat.

"Gerakan tersebut dapat dikombinasikan dengan gerakan lain. Yang penting, titik akupresurenya dapat," imbuhnya. Terakhir, lap wajah dengan handuk basah atau tissue basah.

Supaya pemudik, baik pengemudi maupun penumpang, tetap segar dan bisa menikmati perjalanan mudik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Pengemudi harus cukup (banyak) beristirahat melakukan perjalanan jauh.
2. Jangan makan makanan yang pedas atau yang dapat merangsang lambung karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan.
3. Boleh-boleh saja minum kopi, asalkan tidak berlebihan dapat meningkatkan pacu jantung, tekanan darah, dan dapat menimbulkan perasaan yang tidak nyaman.
4. Makan, pada waktu berbuka dan sahur, buah-buahan yang mengandung banyak vitamin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
5. Minum banyak air putih.
"Sebelum mudik, tidak ada salahnya minum suplemen vitamin pada saat sahur dan berbuka untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh sebagai persiapan dalam perjalanan mudik lebaran," sarannya. (Genie/Genie/nsa)
Sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2009/09/14/195/257370/mata-lelah-selama-mudik-atasi-dengan-eye-massage

MainanFiberglass.Com

Pabrik fiberglass Murah di Solo - Waterboom, Sepeda Air, Kereta mini, Patung Maskot, Tangki, Waterpark, Playground, dll