Cantik & Bugar dengan Yoga

From Wanita-gaya

BERBEDA dengan cantik make up, cantik alami justru terlihat sedap dipandang. Bagaimana cara mendapatkannya?

Wajah segar akan memancarkan kecantikan dengan lebih sempurna. Pasalnya, rona merah alami yang terlihat di pipi menunjukkan kesehatan dan kebugaran tubuh pemiliknya. Bukan hanya itu, kulit pun terlihat lebih sehat dan bersinar. Singkatnya, natural beauty. Kecantikan sebenarnya, tanpa lapisan make up tebal bagai topeng.

Memperoleh kecantikan alami sebenarnya mudah. Tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi untuk operasi maupun suntik ini-itu. Rahasianya, hanya menjalani pola hidup sehat. Bukan hanya secara fisik, melainkan juga emosional, mental, dan spiritual. Keseimbangan fisik dan jiwa ini bisa didapat melalui latihan yoga, yang kini telah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Melalui yoga, bukan hanya kesehatan tubuh yang bisa dicapai, melainkan juga kecantikan alami, yang datang dari dalam.

Trainer Yoga Leaf Pujiastuti Handayani Dewi Sindhu mengatakan, yoga merupakan sistem kesehatan holistis yang terbentuk dari kebudayaan India kuno sejak 3000 SM. Intinya, melalui yoga, seseorang akan lebih baik mengenal tubuhnya, pikiran, dan jiwanya. "Semakin dia mengenal seluruh aspek dirinya, semakin dekat pula ia dengan sang penciptanya," sebut wanita yang akrab disapa Ujie ini.

Dia juga mengatakan, dengan yoga, kecantikan yang sudah ada di dalam tubuh diolah dan dikembangkan sehingga terpancar secara maksimal. "Setiap wanita pada dasarnya cantik, hanya tergantung bagaimana cara mengolahnya," ujar pemilik tempat pelatihan Yoga di daerah Antapani, Bandung ini. Berbeda dengan kecantikan yang sekadar "ditempel", kecantikan alami bagai cahaya yang memancar dari dalam diri. Tak peduli usia, karakteristik wajah, ataupun bentuk tubuh.

Ujie mengungkapkan, stres adalah satu dari sekian banyak faktor yang bisa memengaruhi pancaran kecantikan seseorang. "Saat orang tertekan atau stres, pengaruhnya akan langsung terlihat. Tubuh menjadi tegang, begitu juga raut wajah. Ketegangan ini akan menyebabkan kemacetan energi," paparnya.

Yoga Leaf yang terletak di Kompleks Ruko Harmoni, Jalan Terusan Jakarta No 181 Kav 15 Bandung ini, juga menawarkan teknik Hatha Yoga. Tujuannya, mengembalikan keseimbangan jiwa dan raga. Ujie menjelaskan, Hatha Yoga terdiri atas asana (postur yoga), pranayama (pernapasan yoga), dan savasana (relaksasi yoga). Dengan demikian, terdapat perbedaan sirkulasi, penguatan otot, kelenturan tubuh, meningkatkan vitalitas dan daya tahan tubuh, susunan syaraf menguat, dan pikiran lebih jernih. Efek sampingnya, berpengaruh positif terhadap mata, kulit, wajah tubuh, postur, gerakan serta penampilan anda." Dari luar tubuh terlihat lebih bugar, segar, dan kulit tampak lebih sehat," terangnya.

Ibu berputra satu ini juga mengatakan bahwa latihan-latihan ringan dalam yoga bisa memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh. "Pernapasan yoga bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan menyeimbangkan produksi hormon. Hasilnya, tubuh lebih santai, segar, dan bertenaga," katanya. Sementara itu, gerakan lain yang memberi tekanan pada perut dapat meningkatkan kekuatan organ-organ pencernaan. Namun, bukan berarti yoga tidak membutuhkan energi saat melakukannya. Beberapa orang yang belum terbiasa melakukannya bisa merasa pusing karena energi tubuh yang berkurang dan tekanan darah yang lebih rendah dari biasanya.

"Untuk menyiasatinya, bisa menggunakan alat bantu, seperti kursi atau bantal saat melakukan postur yang cukup sulit," sebutnya. Ujie mengungkapkan, waktu terbaik melakukan latihan yoga adalah pagi hari, beberapa saat setelah bangun tidur atau sore hari, sebelum makan malam. "Saat itu, lambung dalam keadaan kosong dan proses detoksifikasi tengah berlangsung," pungkasnya.
(Koran SI/Koran SI/tty)
Sumber :http://lifestyle.okezone.com/read/2009/07/12/195/237896/cantik-bugar-dengan-yoga

MainanFiberglass.Com

Pabrik fiberglass Murah di Solo - Waterboom, Sepeda Air, Kereta mini, Patung Maskot, Tangki, Waterpark, Playground, dll