Shopping Online, Tren Berbelanja Kaum Shopaholic

From Wanita-gaya


KECANGGIHAN komunikasi di era modern seperti saat ini kian memudahkan banyak orang melakukan segala hal. Salah satu kecanggihan tersebut ialah internet. Kini, kemudahan internet banyak dimanfaatkan orang melakukan shopping online. Dengan cara ini, menjadikan belanja berbagai keperluan menjadi lebih mudah.

Meski bukan hal baru, namun demam online kini melanda setiap lapisan masyarakat Indonesia. Shopping online tak hanya memudahkan pecinta dunia maya memeroleh segala keperluan, namun dapat mengefisienkan waktu yang dimiliki. Bahkan, shopping online disebut-sebut sebagai salah satu tren yang sedang berkembang di kalangan shopaholic.

Chief Creative Officer OMG Consulting, Yoris Sebastian memaparkan, demam online kini tengah melanda para pengguna dunia maya.

"Teknologi internet memang tak mengenal usia atau profesi. Melalui internet ada beragam kegiatan yang sering dilakukan orang, mulai dari mencari data, Friendster, Yahoo Messenger hingga sekarang yang sedang tren Facebook atau blog. Demam shopping online bukan hal baru, namun manfaat shopping online lebih praktis dan cepat. Apalagi saat ini ada istilah time more valuable than money," papar Yoris saat berbincang dalam mini talkshow "Fenomena Berbelanja Secara Online" di FAB Cafe, toko buku Gramedia Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (3/6/2009).

Lebih lanjut Yoris menuturkan, dibandingkan belanja dengan cara konvensional, shopping online memiliki nilai tambah.

"Jika kita melakukan transaksi dengan delivery order cenderung masih suka salah. Masih harus telepon lagi untuk memastikan pemesanan dan tanya-tanya alamat, terasa kurang efisien. Namun dengan shopping online, lebih mudah. Misalnya, saya bisa menyaksikan seminar Bill Clinton dengan gratis yang disponsori BMW melalui internet. Jadi, saya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli tiket pesawat atau membayar biaya seminar tersebut. Contoh lain, seorang ibu rumah tangga cukup memasarkan produk kue buatannya dengan hanya menampilkan foto kue di blog pribadi. Usai membuat kue, dia foto dan dimasukkan dalam blog pribadinya, sehingga pesanan pun lancar. Terasa lebih efien karena dia tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk memasarkan produknya," jelasnya panjang lebar.

Mini show yang digelar Martha Tilaar Grup dalam rangka peluncuran Martha Tilaar Online shopping (MTOS), sang moderator, Fira Basuki turut memberikan pandangannya.

"Biasanya ada tiga hal yang paling sering dibeli orang dengan sistem shopping online. Di antaranya buku, fesyen, dan kosmetik," kata Editor in Chief Majalah Cosmopolitan itu.

Kendati shopping online memudahkan orang berbelanja, namun Fira sempat mengalami pengalaman kurang menyenangkan saat berbelanja online melalui situs luar.

"Pengalaman saya waktu shopping online dengan situs luar, ketika barangnya sampai Indonesia ditahan oleh Departemen Pajak. Alasannya, belum membayar pajak. Karena hal itu, bisa dikatakan belanjanya hanya sekian dolar tapi ada pajaknya. Kalau belanja di negeri sendiri pasti terasa lebih nyaman, jadi saya bisa puas-puasin berbelanja," beber penulis novel itu.

Tak hanya Fira saja yang sering melakukan shopping online, demam tersebut juga dialami Runner Up I Miss Indonesia 2008, Kartika Indah Pelapory.

"Demam online kini berkembang luas di masyarakat luas. Hal ini sangat membantu saya merampungkan skripsi, sebab lebih mudah mencari data-data lewat buku secara online. Dulu aku sering meminta tolong membelikan buku mungkin cukup merepotkan, sekarang aku bisa belanja kapan saja melalui shopping online. Di shopping online, biasanya yang mau aku cari mudah ditemukan. Sampai barang-barang yang aku koleksi pun bisa ditemukan di sana," ucap wanita yang kini merambah dunia entertainment itu.

Meski Fira menyimpan pengalaman kurang menyenangkan berbelanja dengan cara online dari luar negeri, namun tak membuat Indah jera melakukannya. Bintang iklan okezone.com ini pun memiliki kiat khusus.

"Bagiku yang penting website-nya jelas. Sejauh ini, aku tidak pernah menemukan kesulitan saat berbelanja online, karena tinggal mengikuti prosedur yang berlaku dan semuanya terasa mudah," tandasnya.(nsa)
Sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2009/06/04/29/226024/shopping-online-tren-berbelanja-kaum-shopaholic

MainanFiberglass.Com

Pabrik fiberglass Murah di Solo - Waterboom, Sepeda Air, Kereta mini, Patung Maskot, Tangki, Waterpark, Playground, dll