Gaya Jacko yang Tetap Dikenang

0
10.41
From Wanita-gaya

MICHAEL Jackson (MJ) adalah fenomena. Seorang legenda, tidak hanya di dunia musik, tapi juga fesyen, saat dia memberi arti baru pada ungkapan superstar style.

Sebagai "Raja pop", wajar bila Michael Jackson punya gaya tersendiri yang membuatnya tampil beda. Jaket ala militer berhias emas, kristal, dan ritsleting hanyalah satu dari banyak tren yang diperkenalkan Jacko pada dunia.

Kini setelah Sang Raja mangkat, gaya busananya yang fenomenal tetap dikenang, bahkan menjadi inspirasi dari banyak penyanyi muda, sebut saja Justin Timberlake, yang mengadaptasi gaya seorang MJ dalam napas yang lebih kontemporer.

Mengingat gaya Sang Raja, Anda pasti tidak lupa gaya berpakaiannya di video klip Black or White, celana denim skinny hitam dipadu bersama t-shirt ketat putih dan dilapisi kemeja longgar di luarnya. Tidak hanya itu, Jacko juga mengenakan topi fedora dan sarung tangan untuk melengkapi gerak lincahnya dalam ber-moonwalk, tarian khas yang memang menjadi ciri khas The King of Pop ini. Pada `90-an, Black or White meledak dan dengan segera menjadi anthem kaum muda diseluruh dunia. Tapi bukan hanya itu, gaya berbusananya pun tidak membutuhkan waktu lama untuk turun ke jalanan.

Ratusan kaum muda di Amerika pada waktu itu, tak pelak bergaya bagai MJ, dengan menggunakan "seragam" three-pieces ala Jacko; t-shirt, kemeja longgar, dan tentu saja skinny denim.

Dalam bidang fesyen, kesuksesan salah satu personel The Jackson Five ini, bermula pada `80-an, dimana pelaku fesyen mulai memperhatikan gaya berbuasananya yang tidak biasa. Padahal, waktu itu penyanyi yang hidungnya sangat terkenal ini hanya menggunakan sarung tangan putih. Tapi tidak berhenti sampai disitu, dia membuat jaket kulit merah menjadi fashionable item dan gaya berbusana glamor dengan banyak rhinestone berkilau sebagai incaran para fashionista. Jangan lupa, mantan suami Lisa Marie Presley ini juga mempopulerkan paduan unik, kaus kaki putih dan sepatu loafer hitam dibawah celana panjang sebatas tumit.

Tidak hanya di panggung konser, gaya busana Michael Jackson pun begitu inspiratif dalam video klipnya. Salah satu yang menjadi idaman para stylist adalah video klip Smooth Criminal, di mana Jacko memadukan imej gangster Amerika tahun `40-an dan pop style ala `80-an. Tebak apa yang terjadi selanjutnya? Ya, Smooth Criminal sukses sebagai singel dan gaya busana ayah tiga anak itu langsung menjadi tren. Paduan jas, celana, dan topi di luar kemeja berwarna kontras dan bretel yang menjadi aksen menarik.

Apa yang membuat Michael Jackson sukses sebagai fashion icon? Jawabannya terletak pada pribadi sang legenda itu sendiri. Kakak Janet Jackson ini bergaya bak superstar karena dia memang seorang superstar, tanpa peduli kontroversi yang timbul dari apa yang dia lakukan atau kenakan. Namun, gaya busananya yang spektakuler itu, menurut psikiaternya merupakan wujud sisi perfeksionis seorang Jacko.

"Saya tidak pernah puas dengan apa pun. Saya adalah seorang perfeksionis dan itu adalah bagian dari siapa saja," ujar Michael Jackson dalam sebuah wawancara.

Karena itu, wajar bila gaya Michael Jackson terus bertranformasi selama puluhan tahun dia berkarier. Pada era Bad, Beat It, dan Thriller, Jacko terinspirasi dari gaya biker untuk busananya. Kemudian, gaya itu berubah menjadi lebih beraroma militer. Salah satu gaya spektakulernya terlihat dari pertunjukkan panggung Billie Jean, di mana Jacko mengenakan sarung tangan berhias sequin dan jaket militer dengan hiasan kristal yang membuat sang bintang semakin berkilau.

Pada periode Dangerous, saat Black or White menjadi hit, gaya three pieces Michael Jackson tersebar luas ke seluruh dunia. Namun, hal itu tidak bertahan lama. Saat menggelar History Tour, MJ kembali ke gaya militer, namun dengan sentuhan gaya `80-an, di mana dia mempopulerkan aviator look bercampur sequin, paduan maskulinitas dan citra feminin, yang tidak bisa dilepaskan dari imej seorang Jacko.

Sebelum tutup usia akibat serangan jantung pada tahun ke-50 hidupnya, Jacko sebenarnya sedang mempersiapkan pertunjukan panggung di London. Dalam konferensi pers yang digelar beberapa pekan sebelumnya, Jacko menyebutkan bahwa dirinya akan kembali membawakan hit yang dirindukan para penggemarnya, sekaligus gaya busana yang membuatnya menjadi seorang ikon. Hal yang membuat Christophe Decarnin, direktur kreatif rumah mode Balmain terinspirasi, sehingga menjadikan koleksi Balmain untuk musim semi dan musim panas 2009 serta musim dingin 2010 sebagai wujud citra fesyen Michael Jackson, yakni military style dengan sentuhan kilau.

Ya, di balik kamera, hidup "Sang Raja Pop" mungkin penuh kontroversi yang berkisar mengenai serangkaian operasi plastik untuk mengubah wajahnya, taman bermain pribadi Neverland, ataupun tuduhan sebagai seorang pedofilia. Namun sebagai seorang trendsetter, musisi, dan bagi mereka yang dekat dengannya, Michael Jackson akan selalu dirindukan. Seperti yang dikatakan sahabat terdekatnya, Elizabeth Taylor.

"Berita kematian Michael membuat saya patah hati. Saya mencintainya dengan sepenuh hati dan tidak bisa membayangkan hidup tanpanya. Kamin memiliki banyak kesamaan dan begitu banyak kesenangan yang kami bagi bersama. Pada waktu berita itu datang, saya tengah bersiap ke London untuk menonton konsernya, dan saya tidak percaya ini semua terjadi, masih tidak percaya," ujarnya. (Lesthia/Koran SI/uky)
Sumber :http://lifestyle.okezone.com/read/2009/06/29/194/233912/gaya-jacko-yang-tetap-dikenang

MainanFiberglass.Com

Pabrik fiberglass Murah di Solo - Waterboom, Sepeda Air, Kereta mini, Patung Maskot, Tangki, Waterpark, Playground, dll

0 comments: