Atasi Masalah Kulit Kepala dengan Rosemary Oil

0
16.15
From Wanita-gaya

CREAMBATH mengatasi masalah pada rambut dan bukan kulit kepala. Kini ada cara untuk mengatasi masalah pada kulit kepala yaitu dengan memberikan essential oils. Selain berguna untuk relaksasi, essential oils juga dapat membantu mengatasi ketombe dan rasa gatal pada kulit kepala.

Cuaca, perawatan rambut yang tidak tepat, paparan sinar matahari, polusi, dan kekurangan nutrisi merupakan beberapa faktor penyebab munculnya berbagai masalah serius di kulit kepala seperti kerontokan, kebotakan, dan radang pada kulit kepala. Karena itu, perawatan yang seimbang dan menyeluruh sangat diperlukan untuk mempertahankan keindahan dan kesehatan rambut serta kulit kepala.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merawat rambut adalah dengan melakukan creambath. Creambath berguna untuk merangsang metabolisme di bawah kulit rambut agar rambut tumbuh lebat dan hitam. Creambath juga berfungsi untuk mencegah kerontokan dan timbulnya uban. Tapi creambath hanya membantu mangatasi masalah yang terjadi pada batang rambut. Creambath hanya merawat batang rambut. Padahalkan kulit kepala juga butuh untuk dirawat," ucap Arti, beauty therapist dari The Sanctum Salon & Spa.

Menurut Arti, essential oil dapat menghilangkan masalah-masalah yang terjadi pada kulit kepala. Essential oil adalah minyak yang dihasilkan dari jaringan tanaman (simplisia) tertentu seperti akar, batang, kulit, daun, bunga, buah atau biji. Sifat dari essential oils sudah ditemukan sejak zaman dulu di berbagai bangsa dunia seperti di China, Mesir, dan Amerika. Mesir kuno adalah bangsa yang paling sering menggunakan essential oils, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Pada zaman dulu, cara yang dilakukan untuk mendapatkan ekstra tanaman tersebut adalah dengan merendam bahan ke dalam minyak zaitun atau olive oil selama beberapa hari. Namun sejak dr. Avicenna (980-1037) berhasil membuat suatu metode penyulingan (distilasi), essential oils kini dapat diperoleh dengan mudah. Harganya pun terjangkau.

Essential oils merupakan obat dan kosmetik tertua yang pernah ada dan dianggap lebih berharga dari emas. Mengapa? Karena essential oils memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, seperti menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu menolak virus dan bakteri, memiliki zat antioksidan yang tinggi, sebagai antiseptik, dan oxygenating.

Ada bermacam-macam essential oils, antara lain, lavender, vanilla, rosemary, peppermint, eukaliptus, dan lemon. Masing-masing essential oils memiliki khasiat masing-masing. Tetapi hanya satu macam essential oils yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit kepala, seperti mengatasi ketombe, mengurangi gatal pada kulit kepala, dan membantu pertumbuhan rambut," lanjut Arti.

Berikut beberapa tahap untuk merawat rambut dan kulit kepala:

Pencucian Rambut
Tahap pertama dari perawatan ini adalah pencucian rambut, terlebih dahulu rambut didiagnosa untuk mengetahui jenis rambut dan jenis sampo yang digunakan. Setelah itu, rambut dicuci dengan sampo yang tepat. Gosok-gosokkan sampo pada rambut dan berikan sedikit tekanan pada kulit kepala. Hal ini berguna untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada kulit kepala. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

Essential oils
Tahap berikutnya adalah memberikan essential oils yang sudah dihangatkan di atas tungku, atau yang biasa disebut dengan warm oils. Rosemary oil yang sudah dihangatkan itu dioleskan ke seluruh kulit kepala. Kemudian dilakukan pemijatan selama 5 menit pada bagian kepala. Pemijatan ini dilakukan agar rosemary oil dapat meresap sempurna ke dalam kulit kepala.

Krim creambath
Setelah itu, diaplikasikan krim creambath yang sesuai dengan jenis rambut. Krim diratakan dan kepala dipijat agar krim meresap dan agar aliran darah menjadi lancar.

Steaming
Selanjutnya rambut di-steaming untuk memaksimalkan penyerapan krim. Steaming dengan steam ozon yang tidak panas atau hangat. Pada akhir proses steaming, akan diberikan udara dingin untuk menutup kembali pori-pori.

Pembilasan
Setelah itu, rambut dibilas dan dicuci bersih dengan air hangat. Kemudian rambut diberikan conditioner yang berguna untuk melembutkan dan menghaluskan.
(Genie/Genie/tty)
Sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2009/05/25/195/222726/atasi-masalah-kulit-kepala-dengan-rosemary-oil

MainanFiberglass.Com

Pabrik fiberglass Murah di Solo - Waterboom, Sepeda Air, Kereta mini, Patung Maskot, Tangki, Waterpark, Playground, dll

0 comments: