Rahasia Cantik dari Laut

From Wanita-gaya

Foto: Corbis

SOLUSper aqua (spa ) yang berarti terapi air memang memberi seribu manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bagaimana dengan thalassotherapy?

Pernahkan Anda mendengarnya? Thalassotherapy berasal dari bahasa Yunani, thalasa yang berarti laut. Dalam praktiknya, terapi ini menggunakan air laut dan material laut lainnya, termasuk pasir, lumpur,dan rumput laut.

Sejak dulu laut dipercaya memberikan manfaat positif bagi kecantikan kulit karena mampu membuka pori-pori dan menarik kotoran di dalamnya, meninggalkan kulit yang bersih dan halus di bawahnya. Awalnya, thalassotherapy berkembang di pesisir Inggris dan Prancis sekitar abad ke-19.

Kendati konon terapi ini telah dilakukan bangsa Mesir sejak 3.000 tahun lalu, kini banyak hotel berbintang dan resor spa premium di seluruh dunia yang menawarkan terapi air laut tersebut. Penggemarnya pun menyebar luas,mulai di belahan bumi utara hingga selatan. Apa yang membuat thalassotherapy begitu menarik?

Kandungan garam mineral dalam air laut, seperti magnesium, potasium, kalsium, sodium, dan iodium mudah terserap ke dalam kulit. Kemudian garam mineral tersebut berfungsi mengikat kotoran dan radikal bebas dalam kulit sehingga kulit terasa lebih segar karena terbebas dari kotoran yang menyumbat.

Lainnya, garam-garam mineral tersebut juga mampu memperlancar sirkulasi darah sehingga kulit terlihat lebih sehat. Manfaat air laut ini diamini peneliti dari Institut Teknologi Bandung Dr Ir Nelson Sembiring MEng. "Air laut justru kaya mineral, terutama kandungan magnesiumnya yang cukup tinggi," sebutnya.

Lebih lanjut, Nelson menjelaskan bahwa magnesium, selain berguna bagi kesehatan, juga memiliki manfaat kecantikan karena mampu mengangkat sel kulit mati yang tidak dapat dilakukan sabun biasa. Karenanya, garam-garam mineral ini banyak digunakan sebagai campuran air, pasta, dan lotion spa.

Beberapa spa center bahkan mengombinasikannya bersama scrub rumput laut dan masker lumpur guna mendapatkan hasil maksimal. Untuk menarik perhatian konsumen, resor spa dan pusat perawatan kecantikan di hotel berbintang menawarkan thalassotherapy dalam paket menarik. Misalnya paket mandi lumpur, perawatan di bawah air, hydromassage, aroma terapi, serta masker rumput laut.

Semua itu dirancang guna membantu tubuh berelaksasi sekaligus menjadikan kulit secantik bak para putri duyung dalam legenda. Bagi mereka yang ingin merasakan khasiat khusus thalassotherapy, spa center pun menyediakan rangkaian terapi sesuai fungsi.

Paket thalassotherapy yang dikombinasikan bersama hydromassage contohnya. Kecantikan kulit hanyalah tujuan sampingan dari paket ini, sementara tujuan utamanya membuat tubuh lebih rileks dengan pijatan dan tekanan air. Lain lagi dengan thalasso yang digabungkan dengan pijat aroma terapi dan scrub rumput laut.

Rangkaian terapi ini selain bermanfaat membersihkan dan melembutkan kulit, juga mampu mengurangi penampakan selulit.Adapun aroma terapi tertentu bisa meningkatkan sistem imun tubuh juga menyembuhkan insomnia. Bahkan, tidak hanya di dunia kecantikan, khasiat thalassotherapy pun sudah meluas ke dunia medis.

Beberapa ilmuwan mempercayai terapi air laut maupun rumput laut bisa membantu pasien dengan keluhan pernapasan, peredaran darah, kelainan akibat trauma, ataupun inflamasi kronis. Di Jepang, terapi air laut ini malah tidak hanya ditemukan di spa center, melainkan telah diaplikasikan masyarakatnya sebagai terapi sehari-hari. Caranya?

Air laut tersebut diekstrak menjadi bubuk yang disebut nigari dan digunakan sebagai campuran air mandi. Malah, air kolam renang di sejumlah apartemen diJepang juga telah menerapkan pemakaian nigari ini. Selain Jepang,negara Asia lain yang juga menawarkan thalassotherapy adalah Singapura, Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

Di Indonesia, thalassotherapy ini ditawarkan Grand Mirage Resort di Tanjung Benoa, Bali. Situs resmi Grand Mirage Resort menyebutkan, terapi air laut yang mereka sediakan merupakan kombinasi berendam air laut, pijat, scrub, serta masker menggunakan lumpur Laut Mati yang berguna memperlancar peredaran darah, relaksasi, serta vitalitas tubuh selain membuat kulit lebih halus dan lembut.

Thalassotherapy ini juga ditawarkan The Ritz-Carlton, Bali Resort & Spa. "Kami sangat bangga dengan terapi baru yang memiliki standar Thermes Marins, pelopor thalasso spa di Prancis. Ini merupakan langkah baru," tutur Director of Public Relations The Ritz-Carlton Bali Resort & Spa Prami Pratiwi. (sindo//lsi)


MainanFiberglass.Com

Pabrik fiberglass Murah di Solo - Waterboom, Sepeda Air, Kereta mini, Patung Maskot, Tangki, Waterpark, Playground, dll